Friday, July 07, 2006

BookCrossing

A book is not only a friend, it makes friends for you. When you have possessed a book with mind and spirit, you are enriched. But when you pass it on you are enriched threefold.
Henry Miller-The Books In My Life (1969


Sepotong kalimat itu yang jadi salah satu pemikiran dibentuknya BookCrossing. Awalnya, gue lagi jalan-jalan sama anak-anak kelas gue ke Peace Palace, bangunan tua di Den Haag yang juga berfungsi sebagai International Court of Justice dan Permanent Court of Arbitration. Waktu kita lagi mengagumi Api Perdamaian yang terletak di depan gedung, lengkap dengan batu-batu perdamaian yang melambangkan tiap negara di seluruh dunia, mata gue menangkap ada benda yang tergeletak di salah satu bangku deket situ.

Ternyata sebuah buku, novel berjudul Life Of Pi yang keliatannya udah agak lecek, dengan halaman-halaman yang udah berkerut termakan cuaca. Penasaran, gue ambil buku itu. Di covernya ternyata ada tulisan : Free Book. Menarik, pikir gue. Gue buka buku itu, dan di cover bagian dalam ada label dengan penjelasan yang lebih menarik lagi.

Ternyata buku itu adalah bagian dari aktivitas BookCrossing, komunitas para pencinta buku yang saling mengoper buku secara berantai ke seluruh dunia. Menurut kamus Oxford, kata bookcrossing sendiri memiliki arti:

n.the practice of leaving a book in a public place to be picked up and read by others, who then do likewise

Dan gue, yang sebelumnya nggak tau apa-apa soal organisasi ini, jadi sangat-sangat tertarik, membayangkan buku di tangan gue itu udah jalan-jalan keliling dunia, berada di tangan-tangan para traveler yang juga doyan membaca, menemani perjalanan orang-orang dengan ceritanya yang memikat (gue sendiri udah pernah baca The Life of Pi, dan sangat terkesan dengan ceritanya).

Ide dasar aktivitas ini sederhana: baca bukunya, dan kalau udah, lepasin lagi dia ke alam liar di luar sana.

Nggak hanya manusia yang senang dengan kebebasan, buku pun pasti senang bisa punya spirit menjadi bagian dari the world walking library seperti ini. Jadi pesen gue, kalo menemukan buku berlabel Free Book yang jadi bagian dari komunitas BookCrossing, please treat it with kindness, baca, dan lepasin lagi dia ke dunia luar, berharap dia jatuh ke tangan-tangan yang membutuhkan.

Dan jangan lupa, kabarin gue ya kalo udah...=)

No comments:

Post a Comment